Mari Belajara tentang Penalaran. ^ ^

Di jaman sekarang ini banyak sekali kita dengar atau lihat kata “Penalaran” entah itu pada media cetak, maupun media elektronik (seperti : televisi dan radio). Lalu apakah penalaran itu?

Penalaran adalah proses berpikir yang bertolak dari pengamatan indera (pengamatan empirik) yang menghasilkan sejumlah konsep dan pengertian.  Sedangkan menalar adalah proses penyimpulan sebuah proposisi baru yang sebelumnya belum pernah diketahui.

Terdapat syarat-syarat dalam penalaran yaitu :

  • Suatu penalaran bertolak dari pengetahuan  yang sudah dimiliki seseorang akan sesuatu yang memang benar atau sesuatu yang memang salah.
  • Dalam penalaran, pengetahuan yang dijadikan dasar konklusi adalah premis. Jadi semua premis harus benar. Benar di sini harus meliputi sesuatu yang benar secara formal maupun material. Formal berarti penalaran memiliki bentuk yang tepat, diturunkan dari aturan – aturan berpikir yang tepat sedangkan material berarti isi atau bahan yang dijadikan sebagai premis tepat.

Penalaran dibagi 2 jenis :

1. Penalaran Induktif  

Penalaran dalam berpikir dengan bertolak dari hal-hal khusus ke umum. Maksudnya cara ini adalah menarik kesimpulan umum dari hal yang khusus.

contoh :

jika hidup di air, mujair bernapas dengan insang

jika hidup di air, arwana bernapas dengan insang

jika hidup di air, nila bernapas dengan insang.

==> jika hidup di air, ikan bernapas dengan insang.

2. Penalaran Deduktif.

Penalaran dalam berpikir dngan bertolak dari hal-hal umum ke khusus. Maksdunya adalah menrik kesimpulan khusus dari hal-hal yang umum.

contoh :  semua unggas bertelur, yang termasuk unggas adalah bebek, ayam, dan angsa.

Sekian pembahasan kita tentang penalaran.

sumber : Wikipedia

 

About harmoniharmoni

Hello.. I'm aty harmoni from Indonesia. (^o^)/

Posted on March 30, 2012, in TUGAS. Bookmark the permalink. 1 Comment.

  1. kawan, karena kita sudah mulai memasuki mata kuliah softskill akan lebih baik jika blog ini disisipkan link Universitas Gunadarma yaitu http://www.gunadarma.ac.id yang merupakan identitas kita sebagai mahasiswa di Universitas Gunadarma juga sebagai salah satu kriteria penilaian mata kuliah soft skill.. terima kasih 🙂

Leave a comment